Oleh: Yudi Wahyudin | 15.Desember.2008

Bersama Komunitas Membangun dan Mengelola Ekosistem Hutan Mangrove

Puji dan syukur ke hadirat Illahi Robbi yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Atas berkah, rahmat, hidayah dan karunia Allah SWT semata lah penulis dapat menyelesaikan buku berjudul BERSAMA KOMUNITAS MEMBANGUN DAN MENGELOLA EKOSISTEM HUTAN MANGROVE  ini.bersama-komunitas-membangun-dan-mengelola-ekosistem-hutan-mangrove-coverdll_page_1

Perencanaan adalah langkah penting yang harus dilaksanakan dalam suatu proses pembangunan. Fungsi penting dalam perencanaan pembangunan adalah untuk mempengaruhi, memberikan arah dan dalam beberapa hal diharapkan mampu mengendalikan perubahan-perubahan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat pada kurun waktu tertentu.

Suatu proses perencanaan pembangunan hendaknya disusun dengan melibatkan segenap unsur masyarakat terkait(stakeholders). Hal ini sangat penting dilakukan agar segenap data dan informasi yang diperoleh serta program-program yang berhasil dirancang merupakan buah pemikiran dari para stakeholders tersebut yang pada gilirannya akan menambah semangat kebersamaan dalam kerangka upaya pengejewantahannya.

Pembangunan dan pengelolaan ekosistem hutan mangrove memerlukan pendekatan perencanaan yang aspiratif, sehingga tujuan utama kegiatan diharapkan dapat diwujudkan dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Oleh karena itu, desain kegiatan seoptimal mungkin harus merepresentasikan prinsip keberlanjutan ekologi, ekonomi, sosial dan kelembagaan. Dalam hal ini, desain kegiatan terdiri dari kegiatan sosialisasi dan penguatan kelembagaan (sosial kelembagaan), penanaman mangrove secara partisipatif (ekologi), dan pemberian insentif ekonomi / stimulans kegiatan (ekonomi). Buku ini memberikan gambaran secara singkat proses perencanaan dan implementasi program pembangunan dan pengelolaan ekosistem hutan mangrove di sekitar Muara Cikaso, Kabupaten Sukabumi.

Isi Buku :

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

Bab 1. PENDAHULUAN

Bab 2. PENDEKATAN IMPLEMENTASI KEGIATAN

Bab 3. TINJAUAN SINGKAT TENTANG EKOSISTEM HUTAN MANGROVE

Bab 4. KEGIATAN SOSIALISASI DAN PENGUATAN KELEMBAGAAN

Bab 5. HASIL KEGIATAN PENANAMAN MANGROVE

Bab 6. HASIL KEGIATAN PEMBERIAN STIMULANS

Bab 7. HASIL KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI

Bab 8. PENUTUP

PETA LOKASI DUSUN KADUDAHUNG

UCAPAN TERIMA KASIH

RIWAYAT HIDUP PENULIS

 


Responses

  1. pesan buku


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: