Tentangku

Di tengah malam yang dingin pada hari itu Selasa dini hari tanggal 13 bulan Maret tahun 1974, dari rahim seorang wanita bernama KURNIAWATI; wanita kelahiran Palembang, 06 Mei 1956 yang dinikahi pria kelahiran Bogor, 24 Nopember 1950 bernama ENCEP NURDIN; lahirlah seorang bayi laki-laki dengan berat 3,5 kg dan panjang 50 cm yang kemudian oleh pasangan muda ini diberi nama YUDI WAHYUDIN.

Kedua orangtuaku kemudian memberikan kesempatan terhadapnya untuk menimba ilmu selama 6 tahun di SD Negeri Papandayan III, 3 tahun di SMP Negeri 3, dan 3 tahun di SMA PGRI  4 yang kesemuanya bertempat di Bogor.  Pada tahun 1992, kembali diriku mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB), melalui jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI), pada program studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor dan menyelesaikannya pada  tanggal 06 Nopember 1997. Pengalaman reguler akademis selama menjadi mahasiswa Strata 1 (S-1) diantaranya adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN);  Praktek Lapangan (PL); dan Penelitian Akhir.

Selama menjadi mahasiswa diriku aktif di berbagai kegiatan kampus, baik secara struktural maupun fungsional.  Organisasi yang pernah diikuti, di antaranya MERPATI PUTIH, HIMASEPA, KOPMARIKAN, TETADA KALIMASADA dan RESIMEN MAHASISWA.  Disamping itu, sempat juga menjadi Asisten Dosen pada Praktikum mata kuliah Kewiraan bagi Mahasiswa Program Diploma II PLPT Perkebunan, Fakultas Pertanian.

Pada tahun 2002, kembali diriku mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan magister sains pada program studi Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.  Beasiswa pendidikan pascasarjana diperoleh dari Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Institut Pertanian Bogor (PKSPL-IPB), tempat dimana saat ini diriku bekerja sebagai Peneliti Tetap sejak tanggal 18 Nopember 1997.  Bidang keahlian yang ditekuninya selama ini adalah kebijakan pembangunan dan ekonomi pesisir dan lautan.  Selama mengikuti program S-2, diriku pernah menulis beberapa artikel yang dimuat oleh surat kabar dan warta dalam negeri yang terkait dengan bidang keilmuan yang menjadi minatnya.  Kebiasaanku untuk menulis berbagai opini terus berlanjut hingga sekarang.

Pada tahun 2006 pada bulan Februari-Desember 2006, dirinya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Pelatihan tentang Sustainable Use for Coastal and Marine Resources (SUCOMAR 2006) di Jerman, diantaranya 3 bulan pendidikan bahasa Jerman tingkat A2/A3 di Saarbrücken (Februari-April), 1 bulan pendidikan bahasa Jerman Lanjutan di Feldafing (Mei), 4 bulan pelatihan ICZM dan Field Trip di Bremen (Juni-Agustus) dan Hohenwestedt (Agustus-September), 2 bulan praktikum di Wuppertal Institut for Climate, Environmental, Energy di Wuppertal (Oktober-Desember, dan 1 bulan pelatihan International Management di Feldafing 2 minggu (Mei, September) dan Berlin 2 minggu (Desember).

YUDI WAHYUDIN menikah dengan Mahipal, S.H., wanita kelahiran Bogor (1975), pada tanggal 13 Nopember  1998 dan telah dikarunia dua orang putra bernama Muhammad Yuusuf Wahyudin (Bogor, 2001), Muhammad Nur Hussein Wahyudin (Bogor, 2002), Adinda Aisyah Puteri Wahyudin (Bogor, 2007) Adinda Annidasilmi Puteri Wahyudin (Bogor, 2011).

Responses

  1. Ass. Wr.Wb

    Weblog cukup bagus, dan cukup membantu para aktivis yang bergerak dibidang pengelolaan wilayah pesisir laut dan pulau-pulau kecil

    sebagai saran, Sebaiknya Mas Yudi dapat lebih membuka peluang bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi mengirimkan berbagai artikel yang berkaitan dengan pesisir dan laut ini,

    terima kasih, Wassalam

  2. Thanks Bang.

    Masukannya ditampung dan segera ditindaklanjuti.

    Jika berkenan, segera saya buka page khusus bagi para pemerhati pesisir dan laut untuk memberikan artikel atau tulisan atau pengalamannya.

    Regards from Bogor.

  3. Lihat ini : http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/1834899-http-www-indomarine-or-id/

  4. Saat ini saya lagi cocern dengan masalah Corporate Social Responsibility untuk membantu komunitas sekitar industri yang rentan dengan problem pencemaran limbah industri….bisa bertukar-kirim informasi, pengetahuan, aksi, dsb untuk misi tersebut

  5. Dear Mas Muhid,

    Secara prinsip bisa, hanya saja memang waktunya harus disesuaikan. Disamping itu, secara individu saya memang sudah beberapa kali turut serta dalam kegiatan community development.

    Dan, saya juga punya beberapa teman yang sedang mengerjakan program sejenis CSR di beberapa daerah di Indonesia.

    Salam,
    YUDI WAHYUDIN
    08121100090
    yudi_iasd@yahoo.com

  6. Assalamu’alaikum pak Yudi…
    Mudah2an masih inget ya, sama saya…temen pas KKN…
    Alhamdulillah kita bisa nyambung silaturrahim lagi ya..meskipun cuman di dunia maya.
    Oh ya, maaf lahir bathin yach!

    NB : tanggal lahir anak pak Yudi yang pertama sama dengan tgl lahir saya lho…(WHAT A COINCIDENCE!)

  7. Salam kenal mas, blognya mantab … sip

  8. asmlkm ka yudi….
    mudah2an msh ingat sm sy…sy alumni sma pgri 4 jg lulusan thn 94,sy siti umi ulfah farida,kk dulu biasa manggil aku ida.dulu sy aktif di pramuka bareng ka yudi…alhamdulillah lwt ini msh bisa silaturahmi.sy kagum sm kk sampai bs berhasil untuk mencapai cita2 sampai ke negri orang.hebat….salut….salam tuk keluarga


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: