Oleh: Yudi Wahyudin | 7.Juni.2008

Mencegah Kerusakan Pantai, Melestarikan Keanekaragaman Hayati

Salah satu bentuk upaya pencegahan dan penanggulangan kerusakan pantai di wilayah pesisir Kabupaten Sukabumi, maka Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor (PKSPL-IPB) melakukan penyuluhan tentang Penanganan Kerusakan Pantai dan Keanekaragaman Hayati. Penyuluhan ini dilaksanakan di Kecamatan Surade pada tanggal 22 Juli 2003.

lihat materi presentasi : MENCEGAH KERUSAKAN PANTAI, MELESTARIKAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

further information, please feel free to contact me : yudi_iasd@yahoo.com


Responses

  1. saya sangat setuju dengan apa yang telah dilakukan para pelestari, tapi kalau bisa tolong membuat komunitas juga di banyuwangi

  2. Dear Mas Arya,

    Terimakasih atas responnya. Inilah hal yang sangat ditunggu, ketika ada orang lokal yang merasa perlu dan penting untuk membentuk adanya komunitas pelestari lingkungan atau sejenisnya.

    Saya sangat mendorong jika mas Arya berkenan untuk membentuk sendiri komunitas tersebut dan mas Arya dapat menjadi pelopornya jika memang di Banyuwangi belum ada.

    Hal ini dapat dilakukan dengan mengumpulkan beberapa orang seide dan punya gairah yang sama untuk memunculkan komunitas itu. Setelah terbentuk, mas Arya dan teman-teman dapat mengadakan berbagai acara yang didesain sesuai dengan visi, misi dan tujuan komunitas yang dibentuk, bahkan hal ini juga dapat dilakukan dengan merekrut sponsor yang perduli dengan lingkungan dan sebagainya.

    Salam hangat,
    YUDI WAHYUDIN
    yudi_iasd@yahoo.com
    08121100090

  3. Salut saya untuk anda mas Yudi Wahyudin, dalam melestarikan lingkungan pesisir / pantai.
    Tolong bagi info mengenai awal pembentukan komonitas pelestari lingkungan pantai.
    Saya ingin ada juga seperti ini di wilayah Kal Sel.

    Salam lestari buat anda.

    Syech Fachir

    syechfachir129@gmail.com

  4. Dear Mas Fachir,

    Salam hangat saya dari Bogor. Saya pernah beberapa kali ke Kalsel, tepatnya ke daerah Pamukan Barat, Pamukan Utara, Sungai Durian, Pamukan Selatan atau bahkan ke pusat kotanya yang ada di Pulau Laut (Kab. Kotabaru).

    Prinsipnya sama dengan yang telah saya sampaikan kepada mas Arya dari Banyuwangi. Mas Fachir dapat mengumpulkan beberapa teman sejawat yang mempunyai rasa dan pemikiran yang sama untuk pelestarian lingkungan pantai di daerah mas Fachir.

    Lalu, mas Fachir dapat membuat semacam seminar atau diskusi terkait dengan upaya pelestarian lingkungan di KalSel. Dan melalui forum ini pulalah dapat selanjutnya ditelorkan untuk membentuk semacam komunitas peletari lingkungan, tentu dengan sedikit effort dan dana awal yang memang harus dirogoh dari kocek sendiri terlebih dahulu atau menggaet pemerintah dan atau swasta agar dapat turut berpartisipasi menjadi sponsor dan atau nara sumber dalam kegiatan-kegiatan yang dibangun komunitas tersebut.

    Demikian yang dapat disampaikan,
    YUDI WAHYUDIN
    08121100090

  5. salam hangat

    go freedom for the beach from dirty ,,,,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: