Hikmah

Halaman ini dibuat untuk menampung segenap pemikiran dan atau kupasan dan atau penggalian hikmah dari Al-Qur’an dan Hadits.  Semoga dapat menambah keislmanan, keimanan, keikhlasan dan ketaqwaan kita.  Dengan segenap hikmah yang didapat semoga menjadi warna kehidupan dan aktivitas hidup kita, amien.

Mahifal, SH, MH. menulis :

Doa Nabi Sulaiman AS tatkala mendengar  perintah raja semut kepada rakyat semut agar menghindari pijakan bala tentara Nabi Sulaiman AS yang akan melintasi daerahnya:

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh (QS. An Naml : 19).

Nabi Sulaiman AS adalah khalifah Allah SWT yang kaya raya, sangat berkuasa, berilmu dan berakhlak mulia.  Salah satu kepandaian yang dianugerahi Allah SWT untuk dimilikinya adalah kemampuan Nabi Sulaiman untuk mengerti bahasanya para binatang di dunia.  Dengan kemampuannya inilah, dia dapat mengontrol derap pasukannya untuk berhenti dan memberikan waktu kepada raja semut dan rakyatnya untuk menyeberangi jalan yang akan dilalui pasukannya, sehingga raja semut dan rakyatnya selamat dari pijakan bala tentara Nabi Sulaiman AS.

Responses

  1. ANJURAN MEMPERHATIKAN ALAM SEMESTA

    Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika Allah melukiskan ciri-ciri surga, kaum-kaum yang sesat merasa heran. Maka Allah menurunkan ayat ini (QS. Al Ghaasyiyah: 17) sebagai perintah untuk memikirkan keluhuran dan keajaiban ciptaan Allah. (Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Qotadah.).

    Al Qur’an Surat Al Ghaasyiyah (QS. 88.) Ayat 17-26:

    17. Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan

    18. Dan langit, bagaimana ia ditinggikan?

    19. Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan?

    20. Dan bumi bagaimana ia dihamparkan.

    21. Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan.

    22. Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka,

    23. tetapi orang yang berpaling dan kafir,

    24. maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar.

    25. Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka,

    26. kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka.

  2. ETIKA BERBICARA :

    1.
    Berbicaralah yang baik atau diam:
    QS.17:53

    2.
    Keutamaan perkataan baik:
    QS.22:24 dan QS.35:10

    3.
    Perkataan baik dan perkataan buruk:
    QS.14:24, QS.14:25, QS.14:26, QS.24:26, QS.28:55, dan QS.39:18

    4.
    Berkata benar:
    QS.33:32 dan QS.33:70

    5.
    Sebaik-baik perkataan:
    QS.39:18

    6.
    Larangan berbuat keji:
    QS.4:148, QS.6:151, QS.7:33, QS.16:90, QS.23:3, QS.24:15, QS.24:16, QS.24:19, QS.24:21, QS.25:72, QS.26:165, QS.27:54, QS.27:55, dan QS.29:28

    7.
    Merendahkan suara saat berbicara:
    QS.31:19 dan QS.49:3

    8.
    Menundukkan kepala bagi wanita saat berbicara:
    QS.33:32

    9.
    Gubahan syair :

    9.1. Syair yang dibolehkan:
    QS.26:227

    9.2. Syair yang dilarang:
    QS.26:224, QS.26:225, QS.26:226

  3. 1.
    Berbicaralah yang baik atau diam
    (QS. Al Israa’ : 53)

    Dan katakanlah kepada hamha-hamba-Ku: “Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.

    2.
    Keutamaan perkataan baik:
    QS.22:24 dan QS.35:10

    (QS. Al Hajj: 24):

    Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik dan ditunjuki (pula) kepada jalan (Allah) yang terpuji.

    (QS. Faathir : 10):

    Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nyalah naik perkataan-perkataan yang baik* dan amal yang saleh dinaikkan-Nya**. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras. Dan rencana jahat mereka akan hancur.

    Keterangan:
    *
    Sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa perkataan yang baik itu ialah Kalimat Tauhid yaitu Laa ilaa ha illallaah; dan ada pula yang mengatakan zikir kepada Allah dan ada pula yang mengatakan semua perkataan yang baik yang diucapkan karena Allah.

    **
    Maksudnya ialah bahwa perkataan baik dan amal yang baik itu dinaikkan untuk diterima dan diberi-Nya pahala.

  4. 3.
    Perkataan baik dan perkataan buruk:
    QS.14:24, QS.14:25, QS.14:26, QS.24:26, QS.28:55, dan QS.39:18

    (QS.Ibrahim : 24-27)
    Perumpaan tentang Kebenaran dan Kebathilan

    Ayat 24.
    Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik* seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit,

    Ayat 25.
    pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.

    Ayat 26.
    Dan perumpamaan kalimat yang buruk** seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun.

    Ayat 27.
    Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu*** dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.

    Keterangan:
    *
    Termasuk dalam kalimat yang baik ialah kalimat tauhid, segala ucapan yang menyeru kepada kebajikan dan mencegah dari kemungkaran serta perbuatan yang baik. Kalimat tauhid seperti laa ilaa ha illallaah.

    **
    Termasuk dalam kalimat yang buruk ialah kalimat kufur, syirik, segala perkataan yang tidak benar dan perbuatan yang tidak baik.

    ***
    Yang dimaksud ucapan-ucapan yang teguh di sini ialah kalimatun thayyibah yang disebut dalam ayat 24 di atas.

    (QS.An Nuur: 26)

    Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)°.

    Keterangan :
    °
    Ayat ini menunjukkan kesucian ‘Aisyah r.a. dan Shafwan dari segala tuduhan yang ditujukan kepada mereka. Rasulullah adalah orang yang paling baik maka pastilah wanita yang baik pula yang menjadi istri beliau.

    (QS.Al Qaashash: 55)

    Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat, mereka berpaling daripadanya dan mereka berkata: “Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu, kesejahteraan atas dirimu, kami tidak ingin bergaul dengan orang-orang jahil.”

    (QS.Az Zumar: 18 )

    yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya#. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal.

    Keterangan:
    #
    Maksudnya ialah mereka yang mendengarkan ajaran-ajaran Al Quran dan ajaran-ajaran yang lain, tetapi yang diikutinya ialah ajaran-ajaran Al Quran karena ia adalah yang paling baik.

  5. 4.
    Berkata benar:
    QS.33:32 dan QS.33:70

    (QS. Al Ahzab : 32)

    Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk * dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya ** dan ucapkanlah perkataan yang baik,

    Keterangan:
    *
    Yang dimaksud dengan tunduk di sini ialah berbicara dengan sikap yang menimbulkan keberanian orang bertindak yang tidak baik terhadap mereka.

    **
    Yang dimaksud dengan dalam hati mereka ada penyakit ialah: orang yang mempunyai niat berbuat serong dengan wanita, seperti melakukan zina.

    5.
    Sebaik-baik perkataan:
    (QS. Az Zumar ayat 18)

    yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya#. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal.

    Keterangan:
    #
    Maksudnya ialah mereka yang mendengarkan ajaran-ajaran Al Quran dan ajaran-ajaran yang lain, tetapi yang diikutinya ialah ajaran-ajaran Al Quran karena ia adalah yang paling baik.

  6. I highly enjoyed reading your post, keep up creating such exciting posts.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: